Kamis, September 06, 2018

Dangdut Zaman Now




Gue yakin semua kenal dengan namanya musik dan dari anak kecil sampai dewasa semua tahu apa itu musik, dan musik sendiri mempunyai genre sendiri dari musik tradisional sampai musik tekno semua mempunyai penggemar sendiri - sendiri, dan gue perhatikan kebanyakan orang tidak bisa lepas dari namanya musik dan musik ini sendiri begitu lekat dekat di kehidupan, di saat bahagia kadang orang mendengar musik, di saat sedih kadang orang mendengar musik, di saat putus cinta kadang orang mendengar musik, bahkan di saat mau tidur aja kadang ada yang mendengar musik dulu baru bisa tidur, jadi memang musik ini salah satu pilihan hiburan di masyarakat.

Di tulisan ini gue tidak membahas tentang semua genre musik tapi gue akan membahas salah genre musik yang begitu banyak penggemarnya yaitu dangdut, genre musik ini menurut sudut pandang gue banyak sekali penggemarnya salah satu contoh via vallen dan siti badriah untuk genre dangdut siapa yang tidak kenal via vallen dengan lagu sayang dan siti badriah dengan lagu lagi syantik, bahkan lagu dangdut meraih bintang yang di bawakan via vallen di jadikan opening song Sea Games 2018 di Indonesia, ini menarik sekali menurut gue karena di era 90an sampai awal 2000an musik dangdut sempat terpinggirkan bahkan jarang sekali stasiun radio di tanah air yang memutar lagu dangdut, dan yang lebih unik lagi banyak juga yang malu mengakui jika menyukai genre musik dangdut di zaman itu.

Agak menarik menurut gue fenomena ini, di era serba digital di zaman now atau zaman milennial ini justru genre musik dangdut yang sekarang naik daun alias makin banyak penggemarnya, bahkan gue lihat di youtube viewers untuk video klip lagu dangdut banyak peminatnya di banding genre musik lainnya, dan di era 90an dan awal 2000an kebanyakan artis juga malu untuk menggeluti dunia musik dangdut dan musik dangdut di anggap musik pinggiran, dan yang menyukai genre musik dangdut di anggap selera musiknya rendah, tapi coba lihat sekarang justru genre musik dangdutlah yang banyak penggemarnya dan peminatnya bahkan sekarang orang - orang tidak pernah malu lagi mengatakan jika dirinya penggemar dangdut, bahkan genre musik dangdut sudah menunjukkan kelasnya di dunia musik saat ini.

Setelah gue amati kenapa genre lagu dangdut akhirnya menjadi salah satu musik yang begitu banyak penggemarnya, ada beberapa hal yang menjadi catatan gue :

1. Genre musik dangdut mempunyai alunan musik yang simple dan cenderung irama ketukan dangdut enak untuk di dengar.

2. Suara penyanyi dangdut enak untuk di dengar dengan cengkok - cengkoknya yang khas, membuat penikmat musik dangdut jadi terbuai.

3. Syair dari musik dangdut juga simple dan mudah untuk di hapal, dan enak untuk di nyanyikan, walaupun kadang dinyanyikan dengan bahasa jawa.

4. Rata - rata para penyanyi dangdut cantik - cantik,  ini juga menjadi salah satu sebab kenapa genre dangdut banyak di gemari.

5. Judul - judul dari lagu dangdut condong lucu dan unik sehingga membuat orang gampang untuk mengingatnya.

5 hal itu yang menurut gue kenapa musik dangdut bisa menjadi salah satu genre musik yang banyak penggemarnya, tapi terlepas dari itu semua paling tidak dengan kembali hadirnya genre musik dangdut paling tidak warna musik di indonesia jadi makin beragam dan kita sebagai penikmat musik bisa dengan leluasa memilih genre musik yang kita senangi tanpa harus meremehkan atau merendahkan genre musik yang tidak kita senangi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Novel Terbaru Karyaku Berjudul Cinta Baru Untuk Sang CEO

  Judul : Cinta Baru Untuk Sang CEO Genre: Romantis Drama Penname: Joe Saja Status : ONGOING On : Dreame & Innovel Seorang CEO kaya ray...