Rabu, September 05, 2018

Siap Kalah dan Siap Gagal




Di kehidupan Kekalahan dan kegagalan adalah ketakutan terbesar yang ada di dalam diri kita, dua hal ini menarik untuk gue tulis di blog ini karena dalam hidup semua orang di dunia ini pasti akan menemukan kekalahan dan kegagalan tapi yang menjadi pertanyaan gue selama ini kenapa kekalahan dan kegagalan menjadi salah satu sumber ketakutan di dalam diri kita semua termasuk di dalam diri gue, gue juga sering takut mendengar ataupun menghadapi kekalahan dan kegagalan yang gue rasakan di saat gue kalah dan gagal serasa dunia ini akan kiamat dan serasa gue manusia yang paling menderita di dunia, padahal itu hanya perasaan gue saja dan banyak sekali tokoh - tokoh inspirasi dunia yang sukses karena mengalami banyak kekalahan dan kegagalan.

Siapapun yang gue temui selama ini rata - rata mereka semua takut dengan kekalahan dan kegagalan, dan itu menjadi pertanyaan yang begitu besar di dalam diri gue kenapa semua orang begitu takutnya dengan kekalahan dan kegagalan di dalam hidupnya? Bahkan orang - orang terdekat gue juga menjawab yang sama jika mereka takut dengan kekalahan dan kegagalan, gue penasaran kenapa bisa seperti ini, kenapa kekalahan dan kegagalan menjadi salah satu sumber ketakutan semua orang termasuk gue sendiri.

Setelah gue kulik lebih dalam lagi hal ini, ternyata gue menemukan jawaban yang menurut gue hal ini yang menjadi salah satu penyebab kenapa semua orang takut dengan kekalahan dan kegagalan jawabannya adalah ternyata kita dari kecil tidak pernah di didik orang tua kita untuk siap menghadapi kekalahan dan kegagalan, kita tidak pernah di ajarkan orang tua kita jika hidup ini semua orang pasti akan melalui proses kekalahan dan kegagalan, tapi selama ini kita selalu di ajarkan dengan indahnya menjadi orang sukses, bahagianya menjadi orang sukses, damainya menjadi orang sukses dan banyak lagi hal - hal indah yang di ajarkan ke kita pada akhir nya membentuk sebuah pola pikir dan sudut pandang dalam diri kita jika kita harus menjadi sukses tapi kita melupakan satu hal jika di dalam sukses itu harus mengalami namanya kekalahan dan kegagalan, nah kita tidak pernah di ajarkan orang tua kita lingkungan kita untuk selalu siap jika menemui kekalahan dan kegagalan, maka dari itu akan berakibat di saat kita dewasa kita takut dengan kekalahan dan kegagalan kita stress saat kita kalah dan gagal kita putus asa saat kita kalah dan gagal, bahkan ada yang bunuh diri karena tidak pernah siap menghadapi kekalahan dan kegagalan.

Padahal menurut gue, diri ini atau manusia itu dalam hidupnya butuh kalah dan butuh gagal karena dua hal ini sebagai penyeimbang di dalam diri manusia, bayangkan saja jika kalah dan gagal itu tidak ada sama sekali di dunia ini bisa di bayangkan dunia ini akan seperti apa, kita nonton bola setiap pertandingan baik liga tanah air maupun dunia tidak ada yang kalah semua menang, di kompetisi ajang pencarian bakat di sana tidak ada yang kalah dan tereliminasi semuanya menang, di saat kita bermain game tidak pernah kalah dan gagal selalu menang, bisa di bayangkan pasti kita akan jenuh menjalani hidup di dunia ini karena kita akan tahu hasilnya semua pasti akan menang dan berhasil tidak ada yang kalah dan gagal, sebaliknya jika ada keseimbangan di kehidupan ini  ada yang menang ada yang kalah ada yang berhasil ada yang gagal pasti akan indah kita melihatnya dan menjalaninya intinya di situlah seni dari kehidupan dan indahnya kehidupan karena adanya keseimbangan tidak selalu menang dan tidak selalu kalah tidak selalu berhasil dan tidak selalu gagal.

Jadi pada intinya menurut gue selama ini kita tidak pernah di siapkan atau mempersiapkan diri kita untuk kalah dan gagal karena kita selalu di buai oleh diri kita dan lingkungan kita untuk selalu menang dan berhasil karena itulah akhirnya kita menjadi manusia yang selalu takut kalah dan gagal, bagaimana agar siap untuk kalah dan gagal? Jawabannya nikmati proses hidup ini jangan pernah selalu bermimpi untuk selalu menang dan berhasil tapi nikmati semua proses yang terjadi di kehidupan kita ambil hikmah dan pelajaran jika kita menemui kekalahan dan kegagalan,   jika kita siap menerima kekalahan dan kegagalan dalam hidup sudah pasti kita akan siap menerima kemenangan dan keberhasilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Novel Terbaru Karyaku Berjudul Cinta Baru Untuk Sang CEO

  Judul : Cinta Baru Untuk Sang CEO Genre: Romantis Drama Penname: Joe Saja Status : ONGOING On : Dreame & Innovel Seorang CEO kaya ray...