Kamis, Juni 21, 2018

Cara Menyikapi Perbedaan

Sumber Gambar: giphy.com




Seringkali kita dengar perbedaan selalu menjadi sumber konflik dan masalah di kehidupan kita baik itu dari perbedaan pendapat, keyakinan, suku, pilihan politik, dan banyak lagi perbedaan - perbedaan yang sering kali menjadi masalah bahkan perbedaan juga bisa menjadikan peperangan.

Kenapa perbedaan selalu sumber masalah? Pasti akan menjadi pertanyaan dibenak kita semua, apa yang mesti kita lakukan agar perbedaan ini tidak menjadi sumber masalah? Pertanyaan - pertanyaan ini gue yakin pasti akan selalu ada di benak kita, banyak sekali artikel - artikel yang gue baca dimana - mana terjadi konflik dan perpecahan serta peperangan dan ternyata setelah gue amati lebih dalam lagi sumber permasalahannya adalah perbedaan.

Di ruang lingkup manapun baik lingkup dunia maupun lingkup lingkungan kita sendiri  sumber dari segala sumber masalah jika gue amati itu semua dari perbedaan, agak miris memang perbedaan menjadi sumber masalah dimanapun.

Di blog ini gue mencoba menuliskan tentang pemikiran gue sendiri bagaimana menyikapi perbedaan agar tidak berujung konflik, dari banyak masalah yang gue amati baik di lingkungan gue sendiri maupun di lingkungan luas ternyata konflik perbedaan ini selalu muncul karena tidak adanya rasa saling menghargai satu sama lain, bahkan semua orang sudah melupakan tentang indahnya perbedaan, coba di bayangkan jika semua warna di dunia ini sama semua kelamin di dunia ini sama semua mobil di dunia ini sama semua pakaian di dunia ini sama semua pekerjaan di dunia ini sama semua pola pikir di dunia ini sama gue yakin kita akan pindah mencari planet lain yang banyak perbedaannya.

Sikap saling menghargai inilah yang gue rasa telah hilang di di dalam diri kita sikap menghargai perbedaan dan tidak mempermasalahkan perbedaan, tidak adanya sikap saling menghargai perbedaan akan menimbulkan sikap memaksakan kehendak dan berujung pada perpecahan serta konflik, damai dan bahagia itu bukan berarti kita harus sama tapi damai dan bahagia itu menurut gue bagaimana menghargai semua perbedaan yang ada di dunia ini, hilangnya kedamaian dalam diri hilangnya rasa bahagia itu semua karena hilangnya rasa menghargai perbedaan di dalam diri, bahkan semua agama di dunia ini mengajarkan kita semua untuk saling menghargai perbedaan.

Mari kita sama - sama kembali ke diri kita masing - masing, mari kita ajak diri kita sendiri untuk menghargai semua perbedaan di dunia ini, agar diri kita selalu damai dan bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Novel Terbaru Karyaku Berjudul Cinta Baru Untuk Sang CEO

  Judul : Cinta Baru Untuk Sang CEO Genre: Romantis Drama Penname: Joe Saja Status : ONGOING On : Dreame & Innovel Seorang CEO kaya ray...