Senin, September 10, 2018

Takut Berubah dan Tidak Terima Perubahan



"Kamu kok sekarang berubah ya..? Zaman kok sekarang berubah banget ya..? Gue bingung loe kok berubah banget..? Gue kok sekarang berubah ya..? Kenapa ya gue takut berubah..? Gue kok susah ya buat berubah..? Kok gue gk terima ya itu berubah...? Gue kok gak terima ya zaman berubah...". Pertanyaan-pertanyaan ini seringkali muncul jika kita menemukan perubahan baik di diri kita sendiri, orang lain dan lingkungan serta zaman, jika ada sesuatu perubahan itu mulai terasa pasti akan muncul banyak pertanyaan di benak kita, ini menarik buat gue tulis karena banyak sekali gue temukan dua pola pikir yang berbeda tentang berubah ini ada yang menerima ada yang menolak, tapi gue akan fokus menulis atau membahas tentang kenapa seseorang takut berubah dan tidak menerima perubahan, karena jika seseorang takut berubah dan tidak menerima perubahan secara otomatis ia akan termakan oleh perubahan dan selalu tertinggal.

Hakikatnya manusia itu salah satu mahluk yang diciptakan oleh Tuhan untuk selalu tumbuh berkembang dan berubah, dan manusia salah satu mahluk di alam semesta ini yang selalu mengalami proses tranformasi atau berubah, dan perubahan dalam diri manusia sudah menjadi hukum alam atau ketetapan Tuhan, tapi tidak sedikit juga manusia takut untuk berubah dan takut menerima perubahan karena sudah nyaman dengan kondisinya saat ini.

Banyak sekali gue menemukan orang-orang di kehidupan ini yang takut berubah dan tidak menerima perubahan, padahal yang gue yakini selama ini adalah bahwa manusia pada dasarnya butuh berubah dan butuh perubahan. Jangankan manusia , zaman saja terus berubah dan mengalami perubahan apalagi manusia yang dianggap mahluk sempurna di bumi ini pasti akan berubah dan mengalami perubahan.

Sebab ketakutan dalam diri seseorang untuk berubah dan menerima perubahan karena dia sudah merasa berada di zona aman dan pada akhirnya dia akan selalu menolak kodratnya sebagai manusia yang hakikatnya harus berubah dan menerima perubahan, jika sudah terjadi penolakan dalam diri seseorang untuk berubah dan menerima perubahan baik di dirinya maupun lingkungannya maka dia akan selalu menemukan pergolakan di dalam dirinya dan pergolakan ini lebih dikenal dengan perang batin, dua sisi dalam diri seseorang akan terus bergejolak jika seseorang selalu menolak untuk berubah dan menerima perubahan, dan pergolakan ini akan selalu membuat dirinya tidak akan merasa nyaman.

Ternyata setelah gue amati banyak faktor yang membuat seseorang takut berubah dan tidak menerima perubahan, di antaranya:

1. Takut atau tidak nyaman dengan komentar negatif dari sekitar jika dirinya telah berubah atau mengalami perubahan.

2. Terlalu nyaman dengan dirinya saat ini sehingga tidak mau keluar dari zona nyamannya dan nyaman dengan kondisi sehingga tidak menerima jika kondisi saat ini berubah.

3. Tidak membuka hati dan membuka diri sehingga terjadi ketakutan dan penolakan di dalam dirinya.

4. Tidak percaya jika dirinya berubah akan membuat dirinya lebih baik lagi.

5. Selalu memandang negatif suatu perubahan yang terjadi.

6. Takut dengan proses dan takut salah jika dirinya berubah.

Dan gue yakin banyak lagi faktor yang mempengaruhi seseorang kenapa takut untuk berubah dan tidak menerima perubahan, tapi semua itu menurut gue kembali ke pribadi masing-masing dan gue yakin jika saatnya sudah tiba pasti ketakutan itu akan hilang dan seseorang itu akan berubah dan menerima perubahan, jangan takut berubah dan terima semua perubahan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Novel Terbaru Karyaku Berjudul Cinta Baru Untuk Sang CEO

  Judul : Cinta Baru Untuk Sang CEO Genre: Romantis Drama Penname: Joe Saja Status : ONGOING On : Dreame & Innovel Seorang CEO kaya ray...